Senin, 29 Mei 2017

Posted by Intan on 22.39 with No comments
Beberapa Contoh Alat Pernapasan Pada Hewan

1. Ikan

Ikan bernapas menggunakan insang. Insang ini terletak di sebelah kanan dan kiri bagian kepala. Lembaran insang yangterdapat pada ikan berfungsi sebagai tempat pertukaran udara. Air yang mengandung oksigen akan masuk melalui mulut sebelum mencapai insang. Di dalam insang, oksigen yang ada di dalam air diserap oleh pembuluh darah. Secara bersamaan pembuluh darah halus melepaskan karbon dioksida.


2. Burung
Alat pernapasan burung terdiri atas hidung, batang tenggorokan, dan paru-paru yang berhubungan dengan pundi-pundi udara.


3. Reptil
Alat pernapasan pada reptil hampir sama dengan alat pernapasan pada manusia. Alat pernapasan reptil terdiri atas hidung, batang tenggorokan, dan paru-paru. Di dalam paru-paru terjadi penyerapan oksigen serta pengeluaran karbon dioksida dan uap air.

4. Amfibi (Amfibia)
Hewan seperti katak disebut hewan amfibi. Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu di darat dan di air. Dalam pertumbuhannya, katak mengalami metamorfosis.
Berudu hidup di air dan bernapas dengan insang. Insang katak berupa insang luar yang berjumlah tiga pasang. Insang ini terletak di sisi kanan, sisi kiri, dan belakang kepala berudu. Pada saat berudu mulai berkaki, tumbuh semacam lipatan kulit yang menutupi insang luar sehingga terbentuk insang dalam. Setelah dewasa, katak bernapas dengan paru-paru. Lalu bagaimana ketika katak berada di air? Ketika di air katak bernapas melalui kulit. Selain itu katak juga menggunakan selaput rongga mulut untuk mengikat oksigen.



5. Alat Pernapasan Cacing Tanah
Seperti makhluk hidup lainnya, cacing tanah juga bernapas.vCacing tanah bernapas melalui kulitnya. Oksigen diserap masuk melalui kulitnya. Kemudian, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah melalui pembuluh darah.

Video Pernafasan Pada Hewan

Categories:  

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Text Widget

Awesome Video

Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright © Yuk Belajar Bersama | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com